Entri Populer

Kamis, 06 November 2014

Wawancara Anak Berbakat


TUGAS I
WAWANCARA ANAK BERBAKAT
DI SMK NEGERI 6 PADANG



DOSEN PEMBIMBING:
Drs. Afrizal Sano, M.Pd., Kons






UNP
 










Oleh:
NOPINA S.M HARAHAP
1105575/ 2011













JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2014


WAWANCARA ANAK BERBAKAT
SISWA KELAS BINAAN PLKP-S DI SMK N 6 PADANG

BIODATA DIRI PESERTA DIDIK
Nama Lengkap                        : Ike Ritviana Putri
Nama Panggilan                      : Ike
Kelas                                       : XI Tata Busana 2
Jenis Kelamin                          : Perempuan
Tempat/Tanggal Lahir : Padang/07 Juni 1997
Agama                                     : Islam
Alamat                                                : Piai Tangah Kecamatan Pauh
Nomor HP                               : 087895269026
Hobi                                        : Baca novel, membahas soal matematika
Cita-cita                                  : Dosen matematika / dosen busana
Motto                                      : “Jangan sebut Ike, kalau Ike tidak bisa takklukan”
Riwayat Pendidikan               :
a.       TK                               : -
b.      SD                               : SDN 01 Limau Manis
c.       SMP                            : SMPN 10 Padang
Prestasi yang pernah diraih     : -Mewakili SUMBAR ke Jakarta atas nama
    Pramuka
                                            -Juara 2 Lomba Baca Puisi
                                            -Juara kelas sejak SD hingga sekarang (3 besar di
    Kelas
  -Ketua MPK dan Ambalan
Beasiswa yang pernah diterima: Beasiswa BSM Murni APBN

BIODATA ORANG TUA
1.    Ayah
Nama                                  : Ridwan Refvindo
Pekerjaan                            : Kuli bangunan (Pemborong)

2.    Ibu
Nama                                  : Epi Yonpati
Pekerjaan                            : Ibu rumahtangga

HASIL WAWANCARA

Berdasarkan hasil wawancara yang saya lakukan pada tanggal 17 Februari 2014 di ruang 44 kelas XI Tata Busana 2, SMK Negeri 6 Padang, diperoleh beberapa data mengenai perencanaan karir pada peserta didik yang saya ambil yaitu Ike Ritviana Putri.
Kedua orang tuanya Ike yang berlatar belakang sama – sama tamatan SMA/ SLTA memiliki putrid yang sangat berbakat. Dimana, dari wawancara yang telah dilakukan pada hari tersebut, Ike memiliki minat yang sangat bagus sekali. Dilihat dari nilai sehari – harinya dan nilai rapornya dari beberapa semester, didapatkan informasi bahwa Ike sewaktu kelas 1 selalu mendapat ranking 1 di semester 1 dan semester 2. Namun sayang, pada semester 1 kelas 2, prestasi ananda Ike menurun menjadi peringkat 3 di kelas.
Ike adalah siswa yang aktif di organisasi. Organisasi yang digelutinya yaitu organisasi Pramuka. Sejak SMP Ike mengaku bahwa ia telah mengikuti organisasi ini sebelumnya. Banyak prestasi yang telah diraihnya, sehingga sulit untuk dirincikan satu persatu sebutnya.
Selain itu, dari hasil wawancara diperoleh data bahwa Ananda Ike memiliki kemampuan akademik yang sangat baik juga. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Ananda Ike ini meraih peringkat pertama selalu di kelas, hal ini yang menjadi bukti bahwa Ananda Ike ini memiliki kemampuan yang tinggi dalam akademik.
Saat diwawancarai, Ananda Ike memiliki cita – cita sebagai dosen. Awalnya, Ananda Ike sangat ingin masuk “Jurusan Matematika”. Ike sangat suka membahas dan menyelesaikan soal – soal matematika. Bahkan yang sulit sekalipun, Ananda Ike tetap mencintai matematika. Ia selalu memiliki minat yang sangat tinggi untuk menaklukkan soal yang sulit sekalipun. Sehingga Ananda Ike selalu memegang suatu motto yaitu “Jangan sebut Ike, kalau Ike tidak bisa takklukan”. Dari mottonya tersebut dan cara Ananda Ike menjawab pertanyaan saat diwawancara, Ananda Ike ini memiliki sifat optimism yang sangat tinggi. Usaha – usahanya, prestasi yang diraihnya, cara ia menaklukkan setiap tantangan didepannya dari situ sudah terlihat jelas kalau Ananda Ike ini adalah yang anak yang begitu berbakat baik di bidang akademik maupun non-akademik.
Dibalik bakat yang dimilikinya, Anandan Ike didukung oleh kedua orang tuanya. Kedua orang tuanya mengizinkan Ananda Ike untuk mengikuti berbagai kegiatan diluar sekolah, dalam arti kata kegiatan organisasi. Tidak besar syarat yang diberikan oleh orangtuanya untuk kegiatan organisasi tersebut, cukup dengan tetap rajin belajar fokus belajar, dan kegiatan yang diikuti harus jelas. Misalnya, jika ada kegiatan dari pramuka untuk mengikuti suatu kegiatan, Ananda Ike harus menunjukkan surat resmi akan kegiatan tersebut. Namun tidak hanya dalam kegiatan organisasi yang menjadi hal yang didukung oleh orang tua Ananda Ike, dalam akademik juga Ananda Ike juga  memiliki motivasi yang kuat dari orang tuanya. Orangtua Ananda Ike memenuhi kebutuhan Ananda Ike terhadap kebutuhan akademiknya. Seperti yang telah dijelaskan di atas, Ananda Ike ini adalah siswa Kelas XI Tata Busana 2, tentunya Ananda Ike membutuhkan mesin jahit demi kelancaran dan kesuksesan sekolahnya.
Dari wawancara juga, didapat bahwa Ananda Ike ini memiliki motivasi belajar yang cukup tinggi. Ananda Ike tidak hanya mau sampai tamat SLTA/SMK ini saja, ia mengatakan bahwa ia ingin melanjut ke Universitas Negeri Padang (UNP) atau di Universitas Andalas (UNAND). Hanya kedua piliha jurusan itu yang ingin ia masuki. Alas an dia tidak mau keluar kota karena memikirkan biaya hidup jika dia harus keluar kota kuliah. Sehingga ia memikirkan matang – matag bahwa dia akan memilih antara 2 universitas tersebut.
Dari hasil wawancara diatas, dapat dilihat bahwa Ananda Ike ini sebenarnya memiliki bakat non-kemahiran dan kemahiran, dimana dari segi bakat non-kemahiran Ananda Ike memiliki bakat khusus di dalam mata pelajaran matematika, sementara untuk bakat kemahiran adalah Ananda Ike memiliki bakat dibidang aktif organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar