TUGAS
I
WAWANCARA
ANAK BERBAKAT
DI SMK
NEGERI 6 PADANG
DOSEN
PEMBIMBING:
Drs. Afrizal Sano, M.Pd., Kons
Oleh:
NOPINA
S.M HARAHAP
1105575/
2011
JURUSAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2014
WAWANCARA ANAK BERBAKAT
SISWA KELAS BINAAN
PLKP-S DI SMK N 6 PADANG
BIODATA DIRI PESERTA DIDIK
Nama
Lengkap : Ike
Ritviana Putri
Nama
Panggilan : Ike
Kelas : XI Tata
Busana 2
Jenis
Kelamin :
Perempuan
Tempat/Tanggal
Lahir : Padang/07 Juni 1997
Agama : Islam
Alamat :
Piai Tangah Kecamatan Pauh
Nomor
HP :
087895269026
Hobi : Baca
novel, membahas soal matematika
Cita-cita : Dosen
matematika / dosen busana
Motto : “Jangan
sebut Ike, kalau Ike tidak bisa takklukan”
Riwayat
Pendidikan :
a.
TK :
-
b.
SD :
SDN 01 Limau Manis
c.
SMP :
SMPN 10 Padang
Prestasi
yang pernah diraih : -Mewakili SUMBAR
ke Jakarta atas nama
Pramuka
-Juara 2 Lomba Baca Puisi
-Juara kelas sejak SD hingga sekarang (3
besar di
Kelas
-Ketua MPK dan Ambalan
Beasiswa
yang pernah diterima: Beasiswa BSM Murni APBN
BIODATA ORANG TUA
1.
Ayah
Nama :
Ridwan Refvindo
Pekerjaan : Kuli bangunan (Pemborong)
2.
Ibu
Nama :
Epi Yonpati
Pekerjaan : Ibu rumahtangga
HASIL WAWANCARA
Berdasarkan
hasil wawancara yang saya lakukan pada tanggal 17 Februari 2014 di ruang 44
kelas XI Tata Busana 2, SMK Negeri 6 Padang, diperoleh beberapa data mengenai
perencanaan karir pada peserta didik yang saya ambil yaitu Ike Ritviana Putri.
Kedua
orang tuanya Ike yang berlatar belakang sama – sama tamatan SMA/ SLTA memiliki
putrid yang sangat berbakat. Dimana, dari wawancara yang telah dilakukan pada
hari tersebut, Ike memiliki minat yang sangat bagus sekali. Dilihat dari nilai
sehari – harinya dan nilai rapornya dari beberapa semester, didapatkan
informasi bahwa Ike sewaktu kelas 1 selalu mendapat ranking 1 di semester 1 dan
semester 2. Namun sayang, pada semester 1 kelas 2, prestasi ananda Ike menurun
menjadi peringkat 3 di kelas.
Ike
adalah siswa yang aktif di organisasi. Organisasi yang digelutinya yaitu
organisasi Pramuka. Sejak SMP Ike mengaku bahwa ia telah mengikuti organisasi
ini sebelumnya. Banyak prestasi yang telah diraihnya, sehingga sulit untuk
dirincikan satu persatu sebutnya.
Selain
itu, dari hasil wawancara diperoleh data bahwa Ananda Ike memiliki kemampuan
akademik yang sangat baik juga. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Ananda Ike
ini meraih peringkat pertama selalu di kelas, hal ini yang menjadi bukti bahwa
Ananda Ike ini memiliki kemampuan yang tinggi dalam akademik.
Saat
diwawancarai, Ananda Ike memiliki cita – cita sebagai dosen. Awalnya, Ananda
Ike sangat ingin masuk “Jurusan Matematika”. Ike sangat suka membahas dan
menyelesaikan soal – soal matematika. Bahkan yang sulit sekalipun, Ananda Ike
tetap mencintai matematika. Ia selalu memiliki minat yang sangat tinggi untuk
menaklukkan soal yang sulit sekalipun. Sehingga Ananda Ike selalu memegang
suatu motto yaitu “Jangan sebut Ike, kalau Ike tidak bisa takklukan”. Dari
mottonya tersebut dan cara Ananda Ike menjawab pertanyaan saat diwawancara,
Ananda Ike ini memiliki sifat optimism yang sangat tinggi. Usaha – usahanya,
prestasi yang diraihnya, cara ia menaklukkan setiap tantangan didepannya dari
situ sudah terlihat jelas kalau Ananda Ike ini adalah yang anak yang begitu
berbakat baik di bidang akademik maupun non-akademik.
Dibalik
bakat yang dimilikinya, Anandan Ike didukung oleh kedua orang tuanya. Kedua
orang tuanya mengizinkan Ananda Ike untuk mengikuti berbagai kegiatan diluar
sekolah, dalam arti kata kegiatan organisasi. Tidak besar syarat yang diberikan
oleh orangtuanya untuk kegiatan organisasi tersebut, cukup dengan tetap rajin
belajar fokus belajar, dan kegiatan yang diikuti harus jelas. Misalnya, jika
ada kegiatan dari pramuka untuk mengikuti suatu kegiatan, Ananda Ike harus
menunjukkan surat resmi akan kegiatan tersebut. Namun tidak hanya dalam
kegiatan organisasi yang menjadi hal yang didukung oleh orang tua Ananda Ike,
dalam akademik juga Ananda Ike juga
memiliki motivasi yang kuat dari orang tuanya. Orangtua Ananda Ike
memenuhi kebutuhan Ananda Ike terhadap kebutuhan akademiknya. Seperti yang
telah dijelaskan di atas, Ananda Ike ini adalah siswa Kelas XI Tata Busana 2,
tentunya Ananda Ike membutuhkan mesin jahit demi kelancaran dan kesuksesan
sekolahnya.
Dari
wawancara juga, didapat bahwa Ananda Ike ini memiliki motivasi belajar yang
cukup tinggi. Ananda Ike tidak hanya mau sampai tamat SLTA/SMK ini saja, ia
mengatakan bahwa ia ingin melanjut ke Universitas Negeri Padang (UNP) atau di
Universitas Andalas (UNAND). Hanya kedua piliha jurusan itu yang ingin ia
masuki. Alas an dia tidak mau keluar kota karena memikirkan biaya hidup jika
dia harus keluar kota kuliah. Sehingga ia memikirkan matang – matag bahwa dia
akan memilih antara 2 universitas tersebut.
Dari
hasil wawancara diatas, dapat dilihat bahwa Ananda Ike ini sebenarnya memiliki
bakat non-kemahiran dan kemahiran, dimana dari segi bakat non-kemahiran Ananda
Ike memiliki bakat khusus di dalam mata pelajaran matematika, sementara untuk
bakat kemahiran adalah Ananda Ike memiliki bakat dibidang aktif organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar